Sabtu, 12 Januari 2013

KEPUTUSAN PEMBELIAN


Factor-faktor yang dapat mempengaruhi seseorang dalam mengambil keputusan pembelian,

v  Factor sosial
·         Keluarga
·         Kelompok sosial
·         Status sosial

v  Factor personal
·         Gaya hidup
·         Usia
·         Keadaan ekonomi
·         Pekerjaan

v  Factor psikologis
·         Motivasi
·         Presepsi
·         Pembelajaran

INTERAKSI INDIVIDU


Interaksi adalah hubungan timbal balik antar individu, interaksi juga dapat berupa proses komunikasi diantara dua orang atau lebih untuk saling mempengaruhi perasaan, pikiran, dan tindakan. Factor-faktor yang dapat menimbulkan interaksi antara lain, imitasi, sugesti, identifikasi, simpati, empati, dan motivasi. Interaksi antar individu dapat berupa komunikasi langsung seperti diskusi kelompok atau hanya sekedar berbincang-bincang dan komunikasi tidak langsung seperti chating dalam dunia maya. Proses ini akan memberikan banyak informasi yang dibutuhkan oleh masing-masing individu yang saling berinteraksi. Interaksi ini dapat berpengaruh pada gaya hidup seseorang.

Karena adanya komunikasi yang terjalin antar individu dapat saling mempengaruhi setiap individu itu sendiri. Contohnya kegiatan komunikasi di dunia maya melalui internet akan memudahkan kita untuk berinteraksi dengan berbagai macam orang dari belahan dunia manapnu tanpa harus bertemu secara langsung, ini dapat memberikan banyak informasi termasuk informasi produk-produk yang ada di daerah masing-masing. Sehingga sesorang yang awalnya tidak tahu akan mendapatkan informasi dan mungkin ingin mencobanya.



Biasanya dalam interaksi ini akan banyak muncul berbagai pertanyaan seperti, apa kegunaannya, apa kelebihannya, bagaimana cara mendapatkannya, bagaimana cara pembayarannya, dan lain sebagainya. Pertanyaan-pertanyaan yang timbul ini adalah salah satu akibat dari adanya interaksi individu.

Jumat, 11 Januari 2013

SUMBER DAYA KONSUMEN

SIKLUS HIDUP KELUARGA


Keluarga adalah sekelompok orang yang memiliki hubungan darah, pernikahan, atau seseorang yang tinggal bersama dalam satu rumah. Keluarga dapat terdiri dari ayah, ibu, kakek, nenek, paman, bibi, anak dan sebagainya. Anggota kelurga trsebut adalah klompok referensi primer yang sangat berpengaruh baik secara langsung maupun tidak langsung dalam menentukan perilaku konsumen anggota keluarga yang lain. Khususnya keluaraga inti seperti, ayah, ibu, dan anak. Seorang anak sangat berpotensi untuk mengikuti prilaku orang tuanya termasuk dalam kegiatan konsumen. Contohnya orang tua yang terbiasa mengajak anaknya mengkonsumsi junk food akan secara tidak langsung dapat mempengaruhi si anak untuk menyukai junk food. Dan bukan tidak mungkin kebiasaan ini akan terus berlanjut hingga si anak dewasa bahkan berkeluaga. Padahal seperti yang ita ketahui mengkonsumsi junk food secara berlebihan akan berakibat buruk pada tubuh.


Contoh lainnya seorang anak yang terlahir dari sebuah keluarga sederhana dengan kelas sosial jenjang menengah kebawah yang selalu melakukan kegiatan konsumen dengan rasional, ia akan terbiasa dengan gaya hidup sederhana dalam kegiatan konsumen, dengan mempertimbangakan mana yang termasuk dalam kebutuhan dan keinginan. Dan ini akan sangat membantu dalam mengatur anggaran keluarga.



Ini semua tidak lepas dari peran serta orang tua yang membiasakan anakanya dalam melakukan kegiatan konsumen.

KELOMPOK REFERENSI


Kelompok adalah sekumpilan orang yang saling berinteraksi dan bertuar informasi antara satu dengan yang lainnya selama periode waktu tertetu untuk mencapai suatu kebutuhan atau tujuan bersama. Anggota dalam setiap kelompok tersebut biasanya memiliki kesamaan identitas ataupun tujuan.

Kelomok referensi adalah suatu kelompok yang dapat mempengaruhi secara langsung ataupun tidak langsung terhadap keputusan atau perilaku orang lain. Kelompok ini dapat mempengaruhi seseorang dalam kegiatan konsumen melalui bujukan atau informasi yang dibutuhkan.

Kelompok referensi dapat berbentuk organisasi besar yang memiliki jadwal pertemuan khusus, ataupun kelompok kecil yang terdiri dari orang-orang yang dikenal seperti keluarga dll. Kelompok  ini dapat dijadikan pedoman atau acuan oleh konsumen dalam brtingkah laku. Sedangkan anggota dari kelompok referensi ini dapat menjadi penyebar pengaruh dalam hal selera.

Kelompok referensi ini dapat berupa seorang selebritis, tokoh masyarakat, maupun keluarga terdekat yang dapat mempengaruhi perilaku konsumen. Seperti yang kita ketahui seorang slebritis memiliki pengaruh yang cukup besar untuk mempengaruhi masyarakat dalam kegiatan konsumen. Contohnya model busana muslimah yang dikenakan oleh seorang selebritis banyak di ikuti oleh remaja sekarang. Peluang ini membuat banyak produsen yang menggunakan selebritis untuk memasarkan produk mereka baik itu melalui iklan maupun secara sponsor.

kelas sosial


Kelas sosial adalah pengelomppokan masyarakat berdasarkan kemampuan ekonomi kelompok masyarakat  tersebut dengan mengikuti perkembagan zaman disuatu negara dimana masyarakat tersebut tinggal. Ini dikarenakan perkembangan ekonomi di suatu negara dari zaman kezaman berbeda. Dahulu di Indonesia, seorang anak yang dapat bersekolah hingga SMA bisa dikatakan berasal dari keluarga berkelas atas, tetapi sekarang seorang anak yang hanya dapat sekolah SMA bisa dikatakan berasal dari kelas sosial menengah ke bawah. Lain halnya bila di bandingkan dengan negara lain, contohnya dinegara Indonesia seorang anak yang dapat bersekolah hingga strata satu(S1) dapat dikatakan berasal dari kelompok sosial atas, sedangkan di negara maju seperti singapura atau jepang seorang anak yang dapat sekolah hingga starata satu(S1) bisa dikatakan berasal dari kelompok sosial bawah.

Ada juga yang mengatakan bahwa kelas sosial di definisikan sebagai pembagian anggota masyarakat ke dalam status kelas yang berbeda sehingga para anggota setiap kelas secara relative mempunyai status yang sama, sedangkan anggota kelas lainnya mempunyai status yang lebih tinggi atau lebih rendah.

Pada umumnya kelas sosial dibagi menjadi 3 jenjang, yaitu

·         Jenjang atas, masyarakat yang berada di kelompok ini biasanya lebih dihormati oleh kelompok lainnya, ini dikarnakan kedudukan sosialnya maupun karena kekayaannya. Kelompok ini juga dapat dilihat dan di bedakan dari pendapatan dan pengeluaran perharinya, contohnya di Indonesia masyarakat di kelompok ini  memiliki pengeluaran rata-rata lebih dari $10 perhari. Begitupun dengan gaya hidup, masyarakat ini biasanya memiliki gaya hidup yang lebih tinggi, sebagai contoh masyarakat ini lebih suka makan di café dan restaurant-restaurant mewah.

·         Jenjang menengah, di Indonesia kelompok ini merupakan kelompok yang terbanyak mereka terdiri dari para pedagang dll. Dilihat dari segi gaya hidup, jika kelas atas suka makan di café atau restaurant, kelompok kelas menengah ini lebih suka memilih makan di warung-warung pinggir jalan. Jenjang ini biasanya dapat dibagi lagi menjadi 3 bagian, yaitu
o Menengah ke atas, dimana kelompok ini memiliki pengeluaran rata-rata $4 sampai $10 perhari.
o   Menengah, dimana pengeluaran rata-rata perharinya kuarang lebih $4 perhari.
o   Menengah ke bawah, dimana pengeluaran rata-rata perharinya $2 sampai $4.

·         Jenjang bawah, di Indonesia kelompok sosial ini termasuk kelompok yang cukup banyak dimana kelompok ini merupakan rakyat biasa yang memiliki pendapatan pas-pasan dan pengeluaran rata-rata perharinya hanya $1. Di lihat dari segi gaya hidup pun kelompok ini sangat jauh berbeda dengan kelompok kelas diatasnya, dimana tidak memikirkan harus makan dimana dan harus makan apa. Yang mereka peroleh itulah yang mereka konsumsi. Dari segi pendidikan pun biasanya kelompok ini hanya mengikuti program pemeritah yaitu wajib sekolah 9 tahun atau bahkan tidak.

Menurut Karl Marx masyarakat di bagi menjadi 3 golongan, yaitu

·         Golongan kapitalis atau borjuis, yaitu mereka yang menguasai tanah atau alat produksi.
·         Golongan menengah, yaitu terdiri dari pegawai pemerintah.
·        Golongan proletar, yaitu mereka yang tidak memiliki tanah dan alat produksi termasuk kaum buruh atau pekerja pabrik.

Menerut Karl Marx golongan menengah cenderung dimasukan ke golongan kapitalis karena dalam kenyataannya golongan ini adalah pembela setia kaumkapitalis. Dengan demikian, dalam kenyataannya hanya terdapat dua golongan masyarakat, yaitu golongan kapitalis atau borjuis dan golongan proletar.

Rabu, 09 Januari 2013

takoyaki


Belajar memasak takoyaki

Bahan yang dibutuhkan
v  Adonan
·         Telur 4 butir
·         Tepung terigu kualitas sedang 600 ml
·         Air 800 ml
·         Susu bubuk 2 sdm
·         Baking powder 2 sdt
·         Kaldu bubuk siap pakai 2 bungkus
v  Isi
·         Octopus(gurita)
v  Saos asam manis

Cara membuat
v  Adonan
·         Kocok 4 telur di dalam mangkok.
·         Masukan dan campurkan  tepung terigu, susu bubuk, baking powder, dan kaldu bubuk kedalam satu tempat yang cukup besar.
·         Masukan kocokan telur kedalam campuran tepung serta tuangkan air, kemudian di kocok menggunakan mixer.
·         Pastikan semua tercampur rata dan tekstur yang harusnya di hasilkan cair dan dapat di tuang.
v  Isi
·         Gurita dibersihkan sampai bersih, jangan lupa untuk membuang bagian keras pada bagian kepala gurita.
·         Masak air hingga mendidih, lalu masukan gurita kurang lebih  5-7 menit. Lebih baik jangan merebus gurita terlalu lama karena jika kondisi terlalu matang gurita tersebut akan mudah hancur. Dan jangan khawatir walau gurita masih setengah matang tetapi gurita tersebut masih akan mengalami proses masak kembali bersama adonan.
·         Angkat dan tiriskan.
·         Potong menjadi dadu-dadu kecil, kurang lebih 0,5-1 cm.

Cara memasak
v  1. Oles cetakan dengan minyak goreng menggunakan kuas.
v  2. Tuang adonan hingga setengah cetakan.
v  3. Masukan potongan gurita.
v  4. Lalu tuang kembali adonan hingga cetakan penuh.
v  5. Tunggu adonan berkembang.
v  6. Jika sudah berkembang balik adonan menggunakan tusuk sate.
v  7. Usahakan bentuknya bulat sempurna.
v  8. Tunggu sampai takoyaki berwana kecoklatan yang menandakan matang.
v  9. Angkat dan sajikan di piring.

Cara penyajian
v  1. Siram takoyaki dengan saos takoyaki (asam manis).
v  2. Tuang mayones di atas saos.
v  3. Taburkan bubuk oregano dan katsubushi.
v  4. Bisa menggunakan keju bila suka.
v  dan bisa di tambah saos sambal bila suka.



*Selain isi gurita, takoyaki bisa diisi dengan kepiting, cumi, dan udang.
Semoga berhasil