Jumat, 15 Maret 2013

5w dan 1h

Cara membuat berita sederhana
Berita adalah informasi baru atau informasi mengenai sesuatu yang sedang terjadi, disajikan lewat bentuk cetak, siaran, Internet, atau dari mulut ke mulut kepada orang ketiga atau orang banyak.
Menurut kamus besar bahasa Indonesia, berita merupakan cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat.
dalam menulis berita yang baik setidaknya kita harus memperhatikan penggunaan 6 item yaitu 5 w dan 1 h, atau what, when, who, where, why, dan how.
1.   What(apa), kita harus mementukan terlebih dahulu tema dan topic apa yang akan kita bahas dalam berita.
2.   When(kapan), kita dapat menggunakan ini untuk mengetahui kapan berita tersebut terjadi, biasanya tanggal dan waktu kejadian di cantumkan dalam artikel.
3.   Who(siapa), who dapat digunakan untuk memberitahu siapa pelaku yang menjadi berita dalam topic tersebut.
4.   Where(dimana), ini untuk memberitahu dimana peristiwa tersebut terjadi, hal ini biasanya menjadi salah satu elemen yang sangat penting untuk memberitahu dimana kejadian tersebut berlangsung, misalnya bencana alam: biasanya masyarakat membetuhkan informasi tersebut.
5.   Why(kenapa), ini untuk memberitahu kepada masyarakan kenapa peristiwa tersebut bisa terjadi.
6.   Dan terakhir How(bagaimana), biasanya ini ini digunakan untuk mengetahui bagaimana dampak yang terjadi pada masyarakat dan lingkungan sekitar dan bagaimana cara menanggulanginya.

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar