Window shopping adalah jendela
berbelanja atau dapat di artikan dengan melihat-lihat, dalam hal ini yang
dimaksud dengan melihat-lihat adalah melihat-lihat barang yang di jual oleh
orang lain dengan cara mengunjungi sebuah mall, toko atau melalui situs dagang
di internet.
Tujuannya sangat bervariatif, antara
lain:
- · Sekedar melihat-lihat
- · Sarana untuk menghabiskan waktu sambil jalan-jalan
- · Untuk membandingkan harga dari tiap toko yang berbeda
- · Dan hunting barang yang di butuhkan
Kegiatan ini ini dapat dilakukan
oleh semua orang tanpa melihat status ekonomi karana tidak membutuhkan biaya. Oleh
karena itu banyak orang-orang yang lebih memilih melakukan kegiatan ini untuuk
sekedar melihat-lihat atau untuk mencari informasi tentang barang yang sedang
dibutuhkan.
Keuntungan dari kegiatan window
shopping, antara lain:
- · Dapat memperoleh informasi tentang kualitas dan harga barang yang kita butuhkan
- · Kita akan dapat meng-update informasi tentang barang-barang keluaran terbaru
- · Dan tidak memerlukan banyak pengeluaran
Dan kelemahannya adalah dapat memicu
orang-orang untuk belanja. Tak jarang dari beberapa orang yang melakukan
kegiatan window shopping akan banyak mengeluarkan uang untuk membeli barang
yang sebenarnya tidak di butuhkan, hanya karena tertarik dengan potongan harga
yang di tawarkan oleh si penjual atau membeli barang yang baru keluar walaupun
harganya selangit padahal belum membutuhkan barang tersebut. Akibatnya pengeluaran
akan meningkat atau bahkan akan terjadi penumpukan barang-barang yang tidak
terpakai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar