Jumat, 11 Januari 2013

KELOMPOK REFERENSI


Kelompok adalah sekumpilan orang yang saling berinteraksi dan bertuar informasi antara satu dengan yang lainnya selama periode waktu tertetu untuk mencapai suatu kebutuhan atau tujuan bersama. Anggota dalam setiap kelompok tersebut biasanya memiliki kesamaan identitas ataupun tujuan.

Kelomok referensi adalah suatu kelompok yang dapat mempengaruhi secara langsung ataupun tidak langsung terhadap keputusan atau perilaku orang lain. Kelompok ini dapat mempengaruhi seseorang dalam kegiatan konsumen melalui bujukan atau informasi yang dibutuhkan.

Kelompok referensi dapat berbentuk organisasi besar yang memiliki jadwal pertemuan khusus, ataupun kelompok kecil yang terdiri dari orang-orang yang dikenal seperti keluarga dll. Kelompok  ini dapat dijadikan pedoman atau acuan oleh konsumen dalam brtingkah laku. Sedangkan anggota dari kelompok referensi ini dapat menjadi penyebar pengaruh dalam hal selera.

Kelompok referensi ini dapat berupa seorang selebritis, tokoh masyarakat, maupun keluarga terdekat yang dapat mempengaruhi perilaku konsumen. Seperti yang kita ketahui seorang slebritis memiliki pengaruh yang cukup besar untuk mempengaruhi masyarakat dalam kegiatan konsumen. Contohnya model busana muslimah yang dikenakan oleh seorang selebritis banyak di ikuti oleh remaja sekarang. Peluang ini membuat banyak produsen yang menggunakan selebritis untuk memasarkan produk mereka baik itu melalui iklan maupun secara sponsor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar