Sabtu, 27 April 2013

DAMPAK INFLASI


DAMPAK INFLASI PADA KEGIATAN EKONOMI MASYARAKAT

1.   Inflasi akan menyebabkan turunnya pendapatan rill masyarakat yang memiliki penghasilan tetap. Karena dengan penghasilan yang tetap mereka tidak dapat menyesuaikan dengan pendapatannya dengan kenaikan harga yang disebabkan karena inflasi. Sebaliknya bagi masyarakat yang memiki penghasilan  dinamis seperti pedagang dapat lebih mudah untuk menyesuaikan penghasilannya dengan cara menaikan harga jual barangnya. Bahkan tak jarang dengan adanya kenaikan inflasi dapat menaikan pendapatan mereka.

2.   Infalsi akan menyebabkan turunnya nilai rill kekayaan masyarakat yang berbentuk kas, karena nilai tukar uang tersebut akan menjadi lebih kecil. Sebagi contoh, dulu masyarakat dapat menggunakan uang sebesar Rp 10.000 untuk membeli 5kg beras, sedangakn sekarang karena adanya kenaikan inflasi dengan uang sebesar Rp 10.000 hanya akan mendapat 1kg beras. Sebaliknnya dengan kenaikan inflasi bagi masyarakat yang memiliki kekayaan berbentuk aktiva tetap akan memperoleh keuntungan yang meningkat karena harga jual aktiva tetap akan naik. Sehingga dapat memperlebar jurang kesenjangan ekonomi masyarakat, antara si kaya dan si miskin.

3.   Infalsi akan menyebabkan nilai tabungan masyarakat menjadi turun, sehingga orang akan lebih memillih untuk menginfestasikan uangnya dalam bentuk aktiva dari pada menyimpannya di Bank. Dan ini akan menyebabkan goyahnya dunia perbankan sebagai salah satu sumber perolehan dana yang cukup penting di Indonesia.

4.   Inflasi akan menyebabkan laju pertumbuhan ekonomi Indonesia menjadi terhambat. Sebagai contoh adalh perdagangan luar negeri, dengan adanya infalsi barang ekspor Indonesia tidak akan dapat bersaing dengan produk sejenis di pasar dunia yang akan menurunkan nilai rupiah. Akibatnya nilai hutang luar negeri Indonesia menjadi membengkak.


Sumber : Setyawan, Aris Budi.1997.Perekonomian Indonesia.Jakarta:Gunadarma

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar