Sabtu, 27 April 2013

PENGANGGURAN


JENIS-JENIS PENGNGGURAN

1.   Pengangguran friksionil
Yaitu pengangguran yang terjadi karena seseorang memilih menganggur sambil menunggu pekerjaan yang lebih baik, yang memberikaan fasilitas dan keadaan yang lebih baik.

2.   Pengangguran structural
Yaitu pengangguran yang terjadi karena seseorang diberhentikan oleh perusahaan, karena kondisi perusahaan yang sedang mengalami kemunduran usaha, sehingga terpaksa mengurangi tenaga kerja.

3.   Pengangguran teknologi
Yaitu pengangguran yang terjadi karena mulai digunakan teknologi yang menggantikan tenaga manusia. Seringkali pengangguran ini terjadi karena kemampuan dan keahlian pekerja yang tidak bisa menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

4.   Pengangguran siklikal
yaitu pengangguran yang terjadi karena terjadinya pengurangan tenaga kerja yang secara menyeluruh, dikarenakan kemunduran dan resesi ekonomi. Sehingga ini mirip dengan pengangguran structural, hanya pada pengangguran jenis ini kejadiannya adalah lebih meluas dan menyeluruh.

5.   Pengangguran musiman
Yaitu pengangguran yang terjadinya dipengaruhi oleh musim. Jenis penganguran ini sering terjadi pada sektor pertanian. Misalnya ketika masa tanam dan panen, mereka berbondong-bondong bekerja dan setelah masa tersebut mereka kembali tidak memiliki pekerjaan.

6.   Pengangguran tidak kentara
Yaitu pengangguran yang secara fisik dan sepintas tidak kelihatan, namun secara ekonomi dapat dibuktikan bahwa seseorang tersebut sesungguhnya menganggur.


Sumber : Setyawan, Aris Budi.1997.Perekonomian Indonesia.Jakarta:Gunadarma


Tidak ada komentar:

Posting Komentar