Jumat, 16 November 2012

KONSEP DIRI


Konsp diri adalah cara pandang seseorang yang ada di setiap individu yang akan membedakan individu yang satu dengan individu lainnya. Dan ada beberapa ahli yang mengatakan bahwa konsep diri merupakan pendirian atau kepercayaan yang ada dalam diri seseorang yang dapat mempengaruhi setiap tindakan, dalam hal ini yaitu sesuatu yang dapat mempengaruhi pada tindakan ekonomi.

Konsep diri atau citra diri juga dapat diartikan sebagai presepsi, perasaan, sikap, pandangan dan pengalaman batin yang akan mebedakan diri kita dengan orang lain. Baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam kehidupan ekonomi. Dalam kegiatan ekonomi konsep ini akan menentukan bagaimana seseorang dalam melakukan kegiatan ekonomi.

Konsep diri biasanya sengaja di bentuk seseorang untuk membentuk penilaian orang lain terhadap dirinya sendiri. Contohnya rajin, pemalas, disiplin, ramah dan lainnya. Contoh lainnya dalam prilaku konsumen misalnya loyalitas terhadap suatu barang, hal ini dapat di tunjukan dengan sikap setia menggunakan produk dari satu produsen yang sudah ia percaya. Biasanya seseorang yang sudah percaya pada produk tertentu tidak akan mudah terpengaruhi oleh beberapa produk baru yang menawarkan kualitas serupa.

Atau seseorang yang hidup dari kalangan ekonomi menengah keatas akan memilih beraktifitas menggunakan mobil mewah dari pada menggunakan kendaraan umum, hal ini dilakukan untuk membentuk imej atau sekedar menjaga gengsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar