Kamis, 15 November 2012

SUMBERDAYA EKONOMI


SUMBER DAYA EKONOMI atau potensi ekonomi adalah segala bentuk sumberdaya yang dimiliki oleh suatu daerah baik itu dalam bentuk sumberdaya alam maupun sumberdaya manusia yang dapat memberikan manfaat dan dapat di gunakan sebagai modal dasar pembangunan ekonomi daerah tersebut.

Sumberdaya alam yang dimaksud misalnya perkebunan dan pertanian yang dapat memberikan banyak manfaat bagi kelangsungan ekonomi masyarakat.
Pada dasarnya hasil dari perkebunan dan pertanian tersebut merupakan hadiah dari Allah yang di berikan kepada umat manusia untuk memenuhi kebutuhan perekonomian suatu daerah, namun tetap memerlukan batasan-batasan dalam mengekploitasi hasil bumi tersebut. Karena bukan tidak mungkin hasil bumi tersebut akan habis dan tidak tersisa untuk anak-cucu kita, apabila kita rakus akan hasil dari sumberdaya tersebut tanpa kita jaga dan tidak kita perbaharui.

Selain sumberdaya alam, sumberdaya ekonomi juga meliputi sumberdaya manusia, dalam hal ini sumberdaya manusia yang di maksud adalah seseorang atau sekelompok orang yang professional yang mengerti kondisi prekonomian suatu daerah dan dapat memberikan ide serta gagasan yang dapat membantu dalam perkembangan dan kemajuan perekonomian daerah tersebut. Hal ini tentu sangat di perlukan dalam mewujudkan semua impain masyarakat akan kemerdekaan dalam ekonomi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar